Contoh DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CURRICULUM VITAE) Untuk Melamar Kerja

CURRICULUM VITAE

Lastgeneration Contoh DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CURRICULUM VITAE) – Buat kamu yang baru lulus, kira – kira sudah berapa kali coba melamar pekerjaan dan sudah berapa kali juga dipanggil untuk interview dan tes psikotes? Hm, kalau memang sudah banyak panggilan interview, ya bagus semoga aja itu rezeki buat kamu. Tapi, kalau sampai hari ini masih juga belum dapat balasan untuk panggilan tes dan interview, sabar ya, mungkin memang bukan rezeki kamu, tapi bisa juga ada yang kurang menarik sehingga pihak perusahaan pun melepas kamu sebagai kandidat pelamar.

“Kurang menarik, maksudnya di bagian apa tuh?”

Pertanyaan bagus kali ini. Kurang menarik, bukan berarti dan bukan selalu mengarah pada pandangan fisik tapi bisa mencakup ke potensi dan keahlian diri yang tercantum dalam dokumen – dokumen yang dikirimkan saat melamar pekerjaan. Coba diingat – ingat yuk, surat lamaran sudah oke kah? Sertifikat pendukung apa ada yang kurang? Oh, jangan – jangan Curriculum Vitae mu yang terlalu bertele – tele isinya?

DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CURRICULUM VITAE)

Ya, untuk dokumen terakhir yakni curriculum vitae (CV) atau yang biasa diartikan sebagai daftar riwayat hidup ini merupakan jenis dokumen yang juga menjadi penilaian penting oleh pihak perusahaan atau HRD ketika ingin merekrut calon karyawan baru. Tapi, pentingnya Curriculum Vitae kadang hanya disadari oleh sebagian orang saja, sebagiannya lagi masih belum sadar dan hanya membuat CV dalam bentuk seada – adanya tanpa ada poin yang menarik. Nah, mungkin bisa jadi kamu yang belum mendapatkan panggilan untuk interview dan tes, secara tidak sadar memiliki Curriculum Vitae (CV) seperti yang telah disebutkan diatas dan itulah yang menjadi penyebab kamu masih belum menemukan rezeki pekerjaan yang diidamkan.

Tapi, jangan khawatir dan lesu dulu, sebab semua hal tersebut bisa diatasi dengan mudah kok, asalkan kamu teliti membaca informasi ini sampai selesai. Sebab, dalam meminimalisir masalah dalam Curriculum Vitae (CV) yang menyebabkan tidak adanya panggilan interview, bisa diatasi dengan penulisan isi yang lengkap dan detail namun tidak bertele – tele. Isi atau informasi yang wajib ada dalam Curriculum Vitae (CV) antara lain:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CURRICULUM VITAE)

Detail Informasi Pribadi

Berupa nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat e – mail serta nomor telepon yang aktif dan dapat dihubungi, alamat serta akun media sosial profesional seperti LinkedIn yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk mengecek detail informasi diri pelamar lebih mendalam.

Ringkasan Pendidikan

Dalam ringkasan pendidikan, kamu bisa mencantumkan riwayat pendidikan yang telah ditempuh mulai dari tingkat SMP – Perguruan Tinggi , pendidikan non – formal seperti kursus dan pelatihan pendidikan lainnya tentu dilengkapi dengan keterangan tahun dan nilai atau IPK yang diperoleh.

Pencapaian

Pencapaian dalam Curriculum Vitae (CV) bisa diisi dengan beberapa penghargaan yang pernah kamu dapat atau raih semasa menempuh pendidikan.

Kemampuan

Kemampuan disini sama hal nya seperti keahlian mulai dari mengoperasikan komputer, aplikasi atau software, membuat atau memproduksi sesuatu bisa kamu cantumkan. Jika ada portofolio yang terkait dengan kemampuan yang dimiliki juga bisa dicantumkan sebagai pelengkap informasi.

Pengalaman Kerja atau Organisasi

Pada bagian ini, beberapa pengalaman organisasi seperti OSIS atau pengalaman kerja atau magang semasa menempuh pendidikan kuliah bisa dicantumkan sebagai bahan pertimbangan HRD dalam merekrut kamu sebagai calon karyawannya.

Nah, sebelum mulai membuat Curriculum Vitae (CV) pastikan mengingat beberapa tips yaitu, tulis dengan bahasa formal secara singkat, jelas, namun tetap detail, gunakan jenis font yang jelas dan mudah dibaca, serta simpan file ketika sudah selesai dibuat dengan nama yang benar.

Contoh DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CURRICULUM VITAE)

Setelah mendapatkan informasi mengenai Curriculum Vitae (CV), mari beralih ke contoh di bawah ini yang mungkin bisa jadi referensi kamu di waktu mendatang ketika ingin melamar pekerjaan!

Contoh DAFTAR RIWAYAT HIDUP
DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CURRICULUM VITAE)
 
Nama: Rahmane Putri Cantika
Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 08 April 1997
Jenis Kelamin: Perempuan
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Status: Belum Menikah
Nomor Telepon: 0878 – 6654 – 1111
E – mail: [email protected]
 
PENDIDIKAN FORMAL
·        2012 – 2015 : SMA Negeri 03 Bandung
·        2015 – 2019 : Universitas Paramadina Jakarta – Ilmu Komunikasi
 
PENDIDIKAN NON FORMAL
·        Dharmawangsa Studio – Kursus Fotografi dan Videografi (2016)
·        English Course (2017)
 
PENGALAMAN ORGANISASI
·        Klub Film Pendek Feb Productions 2016 – 2017
·        Penanggung Jawab Anggota Klub Dharmawangsa Studio 2017
 
KEAHLIAN KHUSUS
·        Bahasa Inggris (script writing)
·        MS Office
·        Creative Thingking
·        Writing script
·        Movie Maker
·        Editing Video
·        Fotographer
Contoh DAFTAR RIWAYAT HIDUP
CURRICULUM VITAE
 

DATA PRIBADI
Nama: Hadi Pratama Agung
Tempat dan Tanggal Lahir: Bogor Selatan, 11 Juli 1991
Alamat: Jalan Cendana Putih II Blok D2 Nomor 19, Bogor
Nomor Handphone: 0812 – 5555 – xxxx
Jenis Kelamin: Laki – laki
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Status: Belum Menikah
E – mail: [email protected]
Hobi: Riset, Mengulas Game
Kesehatan: Baik
 
PENDIDIKAN FORMAL
2002 – 2005 : SMA Tanjung Perak Emas 05
2005 – 2010 : Teknik Informatika Universitas Pelita Jaya Bogor
 
PENDIDIKAN NON FORMAL
·        Kursus Coding Python 2009
·        Kursus Komputer dan Perakitan Mesin 2009
 
PENGALAMAN KERJA
·        Programer (Internship) PT Sejahtera Alam Makmur 2010 – 2011
·        Programer di PT Bank Muamalat Bogor 2011 – Hingga saat ini
 
PRESTASI
·        Juara Favorit Lomba Pembuatan Aplikasi Berbasis Pengecekan Data Nasabah dengan Python tahun 2010

Nah, gimana nih kamu – kamu yang masuk ke dalam kategori job seeker, sudah mengerti kan bagaimana isi dari Curriculum Vitae yang benar dan menarik seperti apa? Sekarang berarti kamu harus merevisi dan meng – upgrade lagi isi Curriculum Vitae (CV) kamu agar nantinya saat melamar pekerjaan membuahkan hasil yang baik. Semangat terus ya!

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *