Contoh Program Aplikasi Komputer Dengan Fungsinya

LastgenerationContoh Program Aplikasi Komputer Dengan Fungsinya – Program aplikasi adalah program yang ditulis untuk memecahkan masalah tertentu, untuk menghasilkan laporan tertentu, atau untuk memperbarui file tertentu. Program komputer yang melakukan pekerjaan berguna atas nama pengguna komputer (misalnya program pengolah kata atau akuntansi) sebagai lawan dari PERANGKAT LUNAK SISTEM yang mengatur jalannya komputer itu sendiri, atau perangkat lunak PENGEMBANGAN yang digunakan oleh pemrogram untuk membuat program lain.

Program aplikasi adalah program lengkap dan mandiri yang menjalankan fungsi tertentu secara langsung bagi pengguna. Di antara banyak lainnya, program aplikasi meliputi:

  • Surel
  • Browser web
  • permainan
  • Pengolah kata
  • Perangkat lunak perusahaan
  • Perangkat lunak akuntansi
  • Perangkat lunak grafis
  • Pemutar media
  • Manajemen database

Karena setiap program memiliki aplikasi tertentu untuk pengguna akhir, istilah “aplikasi” digunakan. Misalnya, pengolah kata dapat membantu pengguna membuat artikel, sedangkan aplikasi game dapat digunakan untuk hiburan. Program aplikasi juga dikenal sebagai aplikasi atau perangkat lunak aplikasi.

Tapi apakah kamu tahu bahwa tanpa program aplikasi, maka komputer tidak akan berarti apa-apa? Nah bagi kamu yang belum tahu seperti apa sih program aplikasi komputer? Sekarang saya akan memberikan beberapa aplikasi bawaan komputer dan fungsinya. Inilah contoh dari program atau aplikasi komputer beserta fungsinya

Contoh Program Aplikasi Komputer

  1. Microsoft Word, program aplikasi ini memiliki fungsi untuk menulis atau mengetik tugas, makalah dan lain sebagainya.
  2. Microsoft Excel. program aplikasi ini memiliki fungsi untuk membuat tabel data atau spreadsheets. program ini akan sangat membantu kamu dalam membuat tabel pengeluaran keuangan dan juga program ini memiliki perintah otomatis atau rumus yang bisa memudahkan kamu dalam menghitung jumlah, rata rata dan sebagainya.
  3. Microsoft Power Point. program aplikasi ini memiliki fungsi untuk membuat slide show untuk persentasi atau rapat dan juga untuk halaman web.
  4. Notepad. program aplikasi ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan catatan.
  5. Mozilla Firefox dan Google Chrome. 2 program aplikasi ini adalah peramban web, yang berfungsi untuk menjelajahi internet.
  6. Windows Movie Maker. Program aplikasi ini mempunyai fungsi untuk membuat atau mengedit video.
  7. Adobe Photoshop. Adobe photoshop adalah program grafis yang bisa digunakan untuk mengedit gambar.
  8. Paint. Program ini bisa dipakai juga untuk mengedit gambar atau bahkan dijadikan sebagai kanvas atau tempat untuk melukis.
  9. Winamp. Program winamp ini berfungsi untuk memutar musik atau video.
  10. Windows Media Player. Program ini berfungsi untuk memutar video dan bisa juga untuk memutar musik.
  11. Smadav dan AVG Antivirus. Program ini berfungsi untuk mencegah masuknya virus ke dalam komputer dan juga bisa untuk menghapus virus dari komputer.
  12. Remote Dekstop Connection. program aplikasi ini berfungsi untuk terkoneksi dengan komputer yang berada dimanapun dan bisa untuk mengakses file.
  13. Sound Recorder. program ini memiliki fungsi untuk merekam suara.
  14. Connect To a Projector. Program ini memiliki fungsi untuk mengkoneksikan komputer kamu ke proyektor melalui sarana kabel.
  15. Yahoo Messenger. program ini memiliki fungsi untuk melakukan aktifitas chatting dan panggilan video secara gratis.

Contoh beberapa kelompok program aplikasi.

Berikut adalah contoh dari beberapa kelompok program aplikasi.

  • Program pengolah kata, contohnya Microsoft Word, Word Pad, WordStar, dan Adobe PageMaker.
  • Program pengolah angka, contohnya Microsoft Excel, lotus 123, dan Quattro Pro.
  • Program database, contohnya Microsoft Access, Paradox, Visual dBase, dan dBase 111+.
  • Program presentasi, contohnya Microsoft PowerPoint dan Macromedia Flash.
  • Program grafis, contohnya CorelDRAW, Adobe Photoshop, dan Macromedia FreeHand.
  • Program teknis, contohnya Visio, AutoCAD, dan Visio Architecture.
  • Program akuntansi, contohnya MYOB, DEA, General ledger, dan Sybiz.
  • Program olah data statistik, contohnya SPSS.

Jenis beberapa kelompok program aplikasi.

Aplikasi dapat bervariasi dalam banyak hal, termasuk bagaimana mereka dibangun, platform apa yang mereka jalankan, apakah itu open source atau eksklusif, atau untuk pasar mana mereka digunakan.

Misalnya, pengembang aplikasi seluler menulis kode mereka sebagai aplikasi asli, web, atau hibrid – dan istilah ini juga dapat menjelaskan aplikasi desktop. Pengembang mengkodekan aplikasi asli untuk dijalankan pada perangkat keras tertentu, seperti kamera atau GPS, dan dalam bahasa pemrograman yang sama dengan OS yang mendasarinya. Misalnya, aplikasi Foto di Mac OS X ditulis dalam Objective-C bahasa yang sama dengan yang digunakan Mac OS X.

Pengguna akhir biasanya mengakses aplikasi web melalui browser web, seperti Google Chrome. Pengembang dapat menulis aplikasi web dalam beberapa bahasa, termasuk JavaScript, CSS, dan HTML, tetapi mereka tidak dapat mengakses perangkat keras tempat aplikasi dipasang. Aplikasi hibrid memiliki API yang dapat mengakses sumber daya perangkat, mirip dengan aplikasi asli, tetapi biasanya ditulis dalam bahasa seperti HTML dan CSS. Selain itu, pengembang sering kali membuat kode aplikasi seluler untuk bekerja pada platform perangkat tertentu.

Berikut ini adalah Program aplikasi yang dapat dibedakan lagi beberapa macam:

Word Processing

Word Processing adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. Contoh : Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect.

Desktop Publishing

Merupakan program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contoh : Ventura Publisher, Page Maker.

Program Speadsheet

Merupakan programprogram yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv.

Database Management System

Salah satu kegunaan komputer didalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi. Untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja. Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach.

Grafik

Salah satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan untuk membuat gambar atau graphics. Seseorang yang tidak pintar menggambar dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer, karena gambar dikomputer mudah diubah dan diolah. Contoh : Corel Draw, Stanford Graphics, Visio.

Program Akuntasi

Aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan akuntasi. Contoh : DacEasy Accounting, Pacioli 2000, PeachTree Accounting.

Program Statistik

Program statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contoh : SAS, SPSS, Statisca.

Komunikasi

Komunikasi merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh : Carbon Copy, DataFax, Procomm Plus, CrossTalk.

Multimedia

Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player. Contoh : Microsoft Video.

Game

Game merupakan program untuk permainan. Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia.

Antivirus

Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendetekdi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai. Contoh : McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG.

Program Aplikasi dan perangkat lunak sistem

Tidak seperti perangkat lunak aplikasi, program perangkat lunak sistem beroperasi di latar belakang dan tidak secara langsung berinteraksi dengan pengguna komputer. Perangkat lunak sistem mengelola operasi komputer atau mesin virtual dan biasanya mencakup OS, hypervisor, dan driver. Ini umumnya adalah program tingkat rendah atau dasar dibandingkan dengan aplikasi yang dihadapi pengguna akhir.

Aplikasi menggunakan perangkat lunak sistem untuk mengakses sumber daya perangkat keras dasar, seperti memori, penyimpanan, dan utilitas lain. Misalnya, aplikasi bergantung pada perangkat lunak sistem untuk akses ke sistem file untuk mengelola dan menyimpan file.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan singkat terkait Contoh Program Aplikasi Komputer Dengan Fungsinya, semoga dapat bermanfaat terimakasih.

Baca juga :
1.Cara Mudah Menyembunyikan Story Instagram dari Orang Lain
2.Arti IBF Dalam Bahasa Gaul Di Instagram
3.Aplikasi Baca Webtoon Gratis
4.Aplikasi Belajar Anak Daring Masa Pandemi Covid 19

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *