Inilah Bahaya Memakai Aplikasi Zoom

Lastgeneration Inilah Bahaya Memakai Aplikasi Zoom – Zoom, kamu pasti tahu aplikasi yang sedang populer ini, bukan? Telah diunduh sebanyak 5 juta kali di PlayStore, kini Zoom maju di urutan terdepan sebagai aplikasi video conference terpopuler saat ini.  

Di tengah pandemi COVID-19 di berbagai negara, orang-orang kemudian menjadi lebih aktif dalam melakukan video conferencing, salah satunya dengan Zoom. Melalui Zoom, kita bisa melakukan panggilan video pribadi, kelas online, hingga rapat kantor dengan anggota yang bisa mencapai 500 orang.

Di tengah popularitasnya, Zoom justru harus berhadapan dengan masalah serius, illegal tracking. Hal ini membuat Zoom bisa mencuri data pribadi penggunanya. Jadi, masih aman nggak ya menggunakan Zoom? Daripada bingung, simak alasan kenapa Zoom tidak aman untuk digunakan di bawah ini!

Inilah Bahaya Memakai Aplikasi Zoom

1. Zoombombing

Beberapa dari kalian mungkin belum tahu kalau penggunaan aplikasi zoom bisa mengundang Zoombombing. Apa itu? Zoombombing adalah serangan hacker.

Jadi hacker bakal mengirim gambar-gambar tidak senonoh ke video konferensi. Parahnya lagi, mereka juga bisa memasukkan ujaran kebencian atau ancaman ke video.

2. Tidak Ada Enkripsi End-to-end

Kalian mungkin sudah tidak asing ya dengan enkripsi ‘end-to-end.’ Apalagi bagi pengguna WhatsApp. Enkripsi ini bisa kalian temukan di bagian pengaturan.

Apa sih gunanya enkripsi end-to-end? Jadi enkripsi ini dipakai untuk melindungi konten antar pengguna. Bahkan perusahaan pembuat aplikasi juga tidak bisa mengetahui apa isi konten itu.

Sayangnya dilansir dari The Interceptvideo call di Zoom tidak terenkripsi end-to-end. Walau Zoom memakai enkripsi TLS (seperti yang dipakai di web HTTPS) , tapi itu masih kurang aman.

3. Bocornya Ribuan Email Pengguna

Sumber lain mengatakan ribuan email pengguna Zoom telah bocor. Bukan tidak sengaja, tapi Zoom memang sengaja membocorkan alamat email pengguna.

Karena insiden ini, orang lain bisa mendapatkan email dan foto pengguna Zoom dengan mudah. Bukan hanya itu, mereka juga bisa video call dengan pengguna Zoom.

4.Bisa Install Otomatis

Salah seorang peneliti keamanan menemukan kalau Zoom ternyata bisa menginstal diri secara otomatis. Proses ini ditemukan dalam perangkat Mac. Kasus seperti ini sebenarnya mirip malware yang ada di macOS.

 5. Terdapat bug yang membahayakan pengguna Windows

Baru-baru ini, tersiar kabar bahwa Zoom memiliki bug yang berbahaya untuk pengguna Windows. Kabarnya, bug ini bahkan bisa mencuri data akunmu saat melakukan log in. 

Mengetahui data pribadimu seperti username dan password tentu sangat berbahaya. Hal ini lantaran pencurian data ini memungkinkan Zoom untuk mengontrol aktivitas perangkatmu.

6. Data Dikirim ke Facebook

Skandal Facebook yang diam-diam mendapatkan data secara illegal memang beberapa kali terjadi. Bahkan rumor ini juga turut menyeret Zoom. Jadi Zoom diam-diam dikabarkan mengirim data pengguna ke Facebook. Bahkan data tetap dikirim walau pengguna tidak memiliki akun Facebook.

7. Merekam wajahmu saat melakukan panggilan

Pencurian data ini meliputi perekaman wajahmu saat melakukan panggilan dengan aplikasi. Tak hanya itu, Zoom bahkan bisa melacak jam berapa pengguna membuka aplikasi Zoom, model perangkat yang digunakan, lokasi pengguna, operator seluler yang digunakan, hingga unique code atau ID-mu. 

Akhir Kata

Demikianlah ulasan singkat yang admin berikan semoga bermanfaat dan dapat dipahami terimakasih.

Baca juga:
1.Aplikasi Baca Webtoon Gratis
2.Aplikasi Belajar Anak Daring Masa Pandemi Covid 19
3.Aplikasi Menyembunyikan Foto dan Video di Android/Ios

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *