Jumlah Pemain Bola Voli dan Tugasnya, Ini Penjelasan Nya!

LastgenerationJumlah Pemain Bola Voli dan Tugasnya, Ini Penjelasan Nya! – Pembahasan kita kali ini adalah seputar Olahraga ya, Yaitu olahraga Bola voli. Siapa sih yang tidak tahu permainan ini.? Permainan Bola voli merupakan olahraga yang menggunakan bola berbahan karet atau kulit dan dimainkan secara berkelompok oleh dua tim.

Olahraga bola voli diciptakan pertama kali oleh William G. Morgan di sekitar akhir abad 19. William G. Morgan dahulunya bekerja di Young Men’s Christian Association (YMCA) di Massachusetts, khususnya di bidang pendidikan jasmani. Tidak perlu lama – lama admin akan menjelaskan dengan kamu mengenai permainan bola voli ini. Simak dan ikuti ulasan ini hingga selesai ya.

Permainan Bola Voli

Secara umum, pengertian bola voli adalah salah satu cabang olahraga bola dimana cara memainkannya dengan menjatuhkan bola ke dalam lapangan lawan sebanyak mungkin untuk mencapai skor tertentu. Pendapat lain mengatakan, pengertian bola voli adalah suatu cabang olah raga yang dimainkan oleh dua group yang saling berlawanan dimana setiap group memiliki enam orang pemain. Antar lapangan kedua group/ tim tersebut dibatasi oleh sebuah net penghalang dengan ketinggian tertentu.

Jumlah Pemain Bola Voli

Menurut standar internasional, jumlah pemain bola voli ada 10 orang. Pembagiannya yaitu, 6 orang sebagai pemain voli inti dan 4 orang sebagai pemain voli cadangan. Namun, pertandingan bola voli tetap bisa terlaksana walaupun pemain inti kurang dari 6 orang sebab jumlah pemain bola voli minumum adalah 4 orang. Dalam pertandingan yang berlangsung, pelatih voli boleh mengganti pemain inti dengan pemain cadangan tanpa ada batas maksimum pergantian.

Posisi Pemain Bola Voli

Dalam penggolongan posisi pemain bola voli dibagi menjadi 6 yaitu:

  • Posisi 1. “Berada di kanan belakang, posisi pemain yang melakukan servis dan pemain bertahan.
  • Posisi 2. “Berada di kanan depan, posisi pemain smash dan blocking.
  • Posisi 3. “Berada di tengah depan, posisi toser, pemaian smash  dan blocking.
  • Posisi 4. “Berada di kiri depan, posisi pemaian smash dan blocking.
  • Posisi 5. “Berada di kiri belakang, posisi pemaian bertahan dalam bola voli
  • Posisi 6. “Berada di tengah belakang, posisi libero atau pemain bertahan.

1. Set-Upper atau Tosser

Seorang Tosser dalam posisi pemain bola voli adalah mereka yang bertugas untuk mengatur serangan di dalam tim sehingga untuk setiap melakukan serangan terhadap lawan mainnya bola akan melewati tosser. Seorang Set-Upper atau Tosser harus mempunyai kecerdasan dalam memberi umpan, mempunyai kualitas umpan yang baik dan dapat memberikan berbagai variasi umpan kepada tim. 

2. Smasher

Smasher bertugas untuk melakukan pukulan smash atau serangan yang dapat mematikan lawan sehingga poin tim bisa bertambah. Smasher harus menguasai teknik blocking yang baik. Posisi smasher berada pada sisi kanan dan kiri, berdiri pada garis depan dekat net, mengapit tosser atau di sisi kanan baris belakang.

3. Libero

Pemain yang satu ini adalah pemain yang melakukan pertahanan atau menahan serangan lawan. Seorang libero harus bisa melihat arah datang bola dan bisa bergerak dengan cepat. Teknik seorang libero adalah passing, baik passing bawah ataupun passing atas. Seorang libero bisa keluar masuk area lapangan namun tidak bisa melakukan smash atau blocking. 

4. Defender

Defender atau bisa disebut dengan Cover (Penutup) merupakan pemain yang tak melakukan bendungan, akan tetapi ia bertugas untuk menutup daerah yang dikosong bendungan. Seorang Cover memiliki tugas yang khusus guna mempertahankan lini belakang dari ancaman serangan yang dilakukan oleh lawan.

5. Blocker

Tugas pemain bola voli yang satu ini adalah memblock bola yang dilancarkan oleh pemain lawan. Hal ini bertujuan untuk menghentikan serangan yang berupa smash agar lawan tidak bisa mendapatkan poin dari serangannya. Dengan demikian, dapat dipahami bahwa blocker adalah posisi pemain bola voli yang memiliki tugas utama membendung serangan lawan berupa smash agar bola tidak bisa melewati net. Sehingga, tidak menghasilkan keuntungan poin bagi lawan.

6. Anchor

Anchor bertugas di lini pertahanan dan membackup penjaga gawang. Anchor menjaga dan membayang-bayangi musuh agar tidak dapat melewatinya apa lagi menembak ke arah gawang. Selain itu, Anchor bertugas untuk mengatur permainan dan memulai serangan kepada rekan satu timnya. Nah loh, berat juga kan tugas seorang Anchor. Seorang Anchor harus mempunyai penjagaan bola yang kuat dan tidak mudah ditembus musuh, selain itu anchor juga diwajibkan memiliki akurasi dan skill yang bagus karena serangan tim bermula dari seorang Anchor.

7. Flank

Flank jika diterjemahkan artinya adalah sisi. Semacam sayap yang bertugas menyisir garis tepi lapangan demi melancarkan serangan pada lawan. Flank menjadi penghubung antara Anchor dengan Pivot. Seorang Flank diwajibkan memiliki kecepatan, skill, dan penguasaan bola yang baik. Selain itu, seorang Flank juga harus dapat menciptakan peluang dengan membombardir pertahanan musuh.

8. Server

Server adalah posisi pemain yang bertugas melakukan servis dalam lapangan. Servis adalah penyajian bola pertama saat permainan dimulai. Setelah melakukan servis, secara otomatis server merangkap menjadi pemain belakang atau defender untuk membantu pertahanan.

Server dituntut menguasai teknik servis, minimal servis atas dan servis bawah.

  • Servis atas adalah memukul bola dengan cara jari-jari tangan yang terbuka dan rapat, bola dipukul dengan telapak tangan. Bola yang dipukul harus dilambungkan diatas kepala dan dipukul sebelum melewati kepala.
  • Sedangkan servis bawah adalah memukul bola dengan jari-jari tangan yang menggenggam. Bola dilambungkan kemudian dipukul di bagian bawah pusar perut. Selain dua teknik servis tersebut, masih ada teknik servis lainya.

Manfaat dari bermain Bola voli

Berikut ini ada beberapa manfaat bermain bola voli yang dapat kamu ketahui:

1. Mengurangi stres

Otak akan memperbanyak produksi hormon mood bahagia ketika kita berolahraga, yaitu endorfin, dopamin, serotonin, dan triptofan

2. Menguatkan Otot dan Persendian

Teknik permainan voli melibatkan banyak gerakan pada anggota tubuh. Mulai dari otot paha, betis, bokong, dan pinggul yang digerakan untuk berlari dan lompat hingga otot punggung dan lengan atas untuk memukul bola

3. Menyehatkan Organ Internal

Selain dapat membakar lemak lebih efektif, olahraga kardio seperti olahraga bola voli ternyata dapat menyehatkan organ-organ internal atau organ bagian dalam tubuh, Dengan begitu organ internal seperti ginjal, paru-paru, hati, dll dapat berfungsi secara maksimal. 

4. Mencegah Osteoporosis

Melakukan olahraga bola voli tentu saja membuat tulang-tulang bekerja dengan lebih keras. Aktivitas menyangga beban adalah olahraga yang melatih kaki dan lutut Anda untuk menopang massa tubuh. Dan hal itu mampu mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Melakukan olahraga bola voli dapat membuat tidur kamu lebih nyenyak karena saat melakukan olahraga ini aktivitas enzim dan fungsi otot di dalam tubuh akan meningkat. Sehingga memberikan efek rileks saat kamu hendak beristirahat

Akhir Kata

Itulah pembahasan kita kali ini terkait jumlah pemain bola voli dan tugasnya, Semoga bermanfaat buat kamu yang senang dan hobi dengn olahraga ini dan teman – teman sekalian. Sekian dan terima kasih sudah mengikuti ulasan ini hingga selesai.

Baca juga :
1.Macam – Macam Contoh Permainan Bola Kecil Ini Penjelasannya!
2.Macam – Macam Contoh Permainan Bola Besar Terbaik Untuk Digunakan!
3.Rekomendasi Aplikasi Smartphone Untuk Update Berita Bola
4.Rekomendasi Aplikasi Bermain Sepeda

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *