Mengatasi Layanan Google Play Yang Terhenti, Begini Caranya!

LastgenerationMengatasi Layanan Google Play Yang Terhenti, Begini Caranya! – Bagi para pengguna Android, Google Play Service atau Layanan Google Play merupakan aplikasi yang sangat dibutuhkan. Pastinya kamu sering mendownload berbagai macam aplikasi yang dibuat oleh beragam developer di layanan Google Play. Pengguna smartphone android pasti anda pernah mengalami suatu masalah pada smartphone android anda. Yang salah satu masalahnya adalah sebuah aplikasi yang anda jalankan tiba-tiba keluar atau yang biasa disebut force close. Dan biasanya setelah keluar dari aplikasi tersebut akan ada pemberitahuan “sayangnya aplikasi xxxx telah berhenti”. 

Kalau untuk masalah yang satu ini, solusinya sangat mudah. Karena biasanya penyebabnya adalah aplikasinya sudah tidak kompatibel dengan perangkat anda, anda hanya perlu menginstal ulang atau memperbarui aplikasi tersebut. Jika seperti ini pastinya akan bikin kamu kesel. Namun kamu harus tahu Penyebab Layanan Google Play Terhenti yang bisa kamu simak berikut ini.

Penyebab Layanan Google Play Yang Terhenti

Google Play merupakan sebuah layanan konten digital yang dikembangkan oleh Google untuk pengguna perangkat dengan sistem operasi android. Kini, Google Play semakin berkembang dan menjadi sangat penting di perangkat Android. Layanan ini pun jadi salah satu aplikasi sistem yang tidak dapat kamu hapus.

Sayangnya, terkadang pengguna mengalami masalah pada Google Play mereka nih. Salah satunya yang paling sering dialami adalah ‘Layanan Google Play telah berhenti’ yang tertulis dalam notifikasi singkat. Jika hal ini terjadi, maka anda pun tak dapat mengakses layanan Google Play. Itu artinya, semua update aplikasi juga tidak dapat dilakukan. Menyebalkan bukan?

Hal ini dapat terjadi karena beberapa penyebab tergantung dari perangkat smartphone android apa yang anda gunakan. Dikutip dari Android Pit, berikut adalah penyebabnya:

  • Pengaturan waktu dan tanggal yang tidak sesuai, anda harus mengatur waktu dalam perangkat menjadi otomatis.
  • Koneksi internet yang bermasalah.
  • Terjadi crash pada layanan Google Play.

Tentu penyebab lainnya dapat terjadi di perangkat anda sehingga layanan Google Play tidak dapat berjalan dengan benar.

Tapi, anda nggak perlu khawatir karena di bawah ini sudah admin siapkan pembahasan tentang bagaimana cara mengatasi layanan Google Play terhenti.

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Untuk memperbaiki Layanan Google Play yang terhenti tanpa ada data yang hilang, berikut beberapa cara untuk mengatasi penyebab Layanan Google Play terhenti yang bisa anda coba :

1. Restart HP

Terdengar sepele, tapi ya memang benar. Restart di perangkat apapun bisa memperbaiki banyak masalah software jika terjadi anomali. Kalau muncul pesan error “Sayangnya Layanan Google Play telah Berhenti” begini, langkah pertama coba restart saja HP kamu.

Cara restart HP Android :

  • Tekan dan tahan tombol Power sampai muncul menu shutdown.
  • Pilih ikon mematikan daya (Power Off ).
  • Setelah HP benar-benar mati, hidupkan kembali;
  • Buka Google Play Store dan lihat apakah masalah sudah selesai.

2. Update Google Play Store & Google Play Services

ROM baru yang terpasang ternyata masih menggunakan Google Play Store dan Google Play Services versi lawas sehingga muncul error “Sayangnya Layanan Google Play telah Berhenti”.

Solusinya :

Coba biarkan beberapa saat (kurang lebih 10 menit) karena biasanya HP sedang melakukan update otomatis pada kedua aplikasi ini sehingga muncul error. Kalau masih saja error, coba update Google Play Store dan Google Play Services :

  1. Jalankan Google Play Store.
  2. Ketuk baris tiga di kiri atas.
  3. Ketuk Aplikasi & game saya dan kamu akan melihat daftar pembaruan yang tertunda. Temukan dan unduh versi terbaru Kerangka Layanan Google (Google Services Framework) jika tersedia.
  4. Selanjutnya masuk ke Pengaturan, geser ke bawah ketuk versi Play Store untuk memeriksa pembaruan aplikasi Google Play.
  5. Setelah itu, coba restart HP dan jalankan kembali Google Play Store.

 3. Atur Tanggal & Waktu dengan Benar

Penyebab lain munculnya error “Sayangnya Layanan Google Play telah Berhenti” bisa karena hal sepele contohnya kesalahan pengaturan Tanggal & Waktu.

Solusinya, atur Tanggal & Waktu yang benar dengan cara:

  • Masuk ke Setelan Pengaturan;
  • Pilih Tanggal & waktu;
  • Kalau ada koneksi internet, atur semuanya ke Tanggal & waktu otomatis tapi kalau tidak ada atur secara manual.
  • Selanjutnya restart HP dan cek apakah masalah terselesaikan.

4. Hapus Cache Google Play

Google Play Store dan Google Play Services merupakan aplikasi pendukung untuk menjalankan semua sistem di Android, jika kedua aplikasi ini mengalami masalah maka akan muncul error “Sayangnya Layanan Google Play telah Berhenti” .

Jika terjadi kesalahan, bisa saja diakibatkan karena adanya data cache yang menumpuk sehingga Google Play bertindak anomali dan tidak stabil.
Cara menghapus Cache dan Data :

  1. Masuk ke Pengaturan Setelan dan pilih Pengelola Aplikasi atau Manajer Aplikasi;
  2. Setelah muncul daftar aplikasi yang terpasang, pilih Google Play Store kemudian ketuk Hapus Cache / Data;
  3. Lakukan hal yang sama untuk Google Play Services;
  4. Jika sudah, restart HP dan lihat apakah permasalahan telah teratasi.

 5. Menggunakan Aplikasi Alternatif Pengganti Google Play Store

Cara ini merupakan langkah terakhir jika ke sembilan cara di atas tidak mampu mengatasi error “Sayangnya Layanan Google Play telah Berhenti” di HP anda. Coba gunakan aplikasi alternatif pengganti Google Play Store seperti :

  1. Amazone Appstore;
  2. F-Droid;
  3. SlideME;
  4. Humble Bundle.

Catatan !

Menu dan gambar pada tutorial di atas bisa saja berbeda dengan tampilan dan menu di HP kamu, hal ini disebabkan banyaknya tipe HP Android yang ada saat ini dengan ROM masing-masing vendor. Secara umum pada dasarnya langkahnya sama saja, jadi tidak usah bingung cukup tinggal menyesuaikan saja.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan terkait Mengatasi Layanan Google Play Yang Terhenti semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mengatasi masalah ini di android anda terimakasih..

Baca juga:
1.Menghapus Video Di Snack Video Mudah, Begini Caranya!
2.Cek Disini, Arti Damage Dalam Bahasa Gaul
3.Cara Mendapatkan Followers di Instagram Yang Banyak, Mudah !

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *